Hukum & Kriminal
Selasa, 29 November 2016 - 07:51:58 | bambang-widi / Sorot Wonogiri

Korupsi Rp 457 juta, Staf Pemasaran PD BPR BKK Divonis 2 Tahun 8 Bulan
Korupsi Rp 457 juta, Staf Pemasaran PD BPR BKK Divonis 2 Tahun 8 Bulan
Kasi Pidsus, Hafids Muhyidin

Wonogiri, (sorotwonogiri.com)--Kejaksaan Negeri (Kejari) Wonogiri mengeksekusi Januarina, seorang gadis warga Kelurahan Giriwono, Kecamatan Wonogiri, terpidana kasus penyelewengan uang nasabah PD BPR BKK Wonogiri sebesar Rp 457 juta lebih.

Kajari Wonogiri, Tri Ari Mulyanto, didampingi Kasi Pidsus Kejari, Hafids Muhyidin, selaku Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam kasus korupsi uang nasabah PD BPR BKK Wonogiri, mengatakan, Januarina divonis Pengadilan Tipikor selama Dua tahun delapan bulan penjara, dengan denda Rp 50 juta subsider dua bulan penjara, serta harus mengembalikan kerugian negara sebesar Rp 457 juta lebih subside enam bulan penjara.

“Vonis itu dijatuhkan pada 17 November dan sudah inkrah (berkekuatan hokum- red) hari ini,” jelas Hafids Muhyidin di ruangan Kajari, Senin (28/11/2016).

Hafid menuturkan, kasus itu bermula dari tindakan Januarina selaku staf pemasaran PD BPR BKK Wonogiri, menggunakan uang nasabah untuk kepentingan pribadi.

“Dia menerima uang masyarakat tapi tidak semua disetorkan ke perusahaan. Selain nasabah mengeluhkan mengambil uang, tapi jumlah yang keluar lebih besar dari permintaan.  Kelebihan uang nasabah itu juga dipakai untuk kepentingan pribadi terpidana,” tutur Hafids.

Tindakan Januarina memainkan uang nasabah itu akhirnya mencapai Rp 457 juta lebih. Namun kasus ini tidak pernah muncul ke permukaan hingga akhirnya Januarina divonis Pengadilan Tipikor. Dia harus mendekam di Rutan Wonogiri selama dua tahun delapan bulan berikut subsider atas denda dan pengembalian kerugian negara.

Berita Terkait :


HOT NEWS