Pemerintahan
Selasa, 29 November 2016 - 14:21:19 | bambang-widi / Sorot Wonogiri

PNS Ikut Berburu Surat Miskin Demi Beasiswa Anaknya?
PNS Ikut Berburu Surat Miskin Demi Beasiswa Anaknya?
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Wonogiri, Suwartono

Wonogiri,(sorotwonogiri.com)--Diluncurkanya beasiswa senilai Rp 2 milyar untuk 166 orang mahasiswa miskin berprestasi di perguruan tinggi negeri (PTN), menyebabkan kantor Dinas Sosial Kabupaten Wonogiri diserbu ratusan warga. Para penyerbu adalah mahasiswa maupun orang tua mereka yang berniat memburu surat rekomendasi miskin dari Dinas Soaial.

Di lain pihak, rekomendasi surat miskin dari Dinas Sosial ini cukup rawan manipulasi. Mengingat diantara kerumunan terdapat orang-orang yang mengenakan seragam Pegawai Negeri Sipil (PNS). Mereka ikut antri berburu surat rekomendasi miskin.

Terkait kemungkinan PNS ikut mencari surat miskin, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Wonogiri, Suwartono, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (29/11/2016), membantah.

Menurut dia, jika ada PNS mencari surat miskin akan langsung ditolak. Sebab PNS tidak masuk kategori masyarakat miskin.

“Kriteria miskin sudah jelas. Jadi kalau ada PNS yang mencari surat miskin langsung kami tolak,”  kata Suwartono.

Ditanya tentang keberadaan orang-orang berseragam PNS di antara antrian, menurut Suwartono, mereka tidak bisa langsung dicap sebagai PNS. Sebab bisa saja mereka merupakan tenaga kontrak. Atau kalau pun mereka PNS, bisa jadi mereka mengantar kerabat atau tetangganya.

“Tenaga kontrak juga mengenakan seragam PNS. Tapi gaji mereka ada yang hanya Rp 150 ribu sebulan. Atau kalau mereka PNS, mungkin sedang mengantar kerabat atau tetangga,” kilah Suwartono.

Sementara itu seorang bapak mengenakan seragam Abu-abu mengaku PNS guru di Kecamatan Sidoharjo. Bapak ini membawa stofmap warna pink berisi surat-surat kelengkapan mencari beasiswa yang digelontorkan Pemkab Wonogiri kepada mahasiswa PTN berprestasi.

Ketika ditanya tentang hal itu, bapak ini mengaku membantu tetangganya.

“Saya hanya membantu anak tetangga karena orang tuanya tidak ada di rumah,” ucap orang itu.

Berita Terkait :