Pemerintahan
Sabtu, 31 Desember 2016 - 07:11:37 | bambang-widi / Sorot Wonogiri

Jalan Lingkar Kota Rusak Sebelum Layak Fungsi
Jalan Lingkar Kota Rusak Sebelum Layak Fungsi
Jalan Lingkar Kota (JLK)

Wonogiri, (Sorotwonogiri.com)--- Warga Desa Purworejo, Kecamatan Wonogiri, khususnya yang tinggal di tepi jalan bakal Jalur Lingkar Kota (JLK) mengeluhkan sikap jajaran Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Wonogiri yang dinilai tidak tegas.

Pasalnya calon JLK yang belum rampung 100% itu sudah menjadi jalur lalu lalang truk bermuatan singkong menuju pabrik tapioka di wilayah Kecamatan Ngadirojo. Akibatnya di jalur menyempit wilayah Dusun Sumberejo jadi langganan truk macet.

“Jalur ini tanjakannya curam dan menyempit karena ada jembatan desa yang belum diperlebar mengikuti ruas jalan JLK. Akibatnya tiap malam selalu ada truk mogok hingga mengganggu warga sekitar,” tutur Witanto, Ketua RT setempat, Jumat (30/12/2016).

Selain itu, lanjut Witanto, jalan cor yang sebenarnya belum layak dioperasikan itu  ambles beberapa centi meter terbebani truk bermuatan, setiap malam warga juga terpaksa jalan memutar untuk menuju rumah. Mengingat truk mogok itu sering menutupi jalan menuju kampung dan menyebabkan antrian truk cukup panjang. Bahkan banyak truk harus putar balik karena tidak mampu menyusuri tanjakan tajam.

“Kami bukannya menolak jalan ini dilalui angkutan umum. Tapi Dinas Perhubungan mestinya tanggap dengan kondisi jalan yang belum layak. Truk-truk bermuatan barang seharusnya tidak diperbolehkan lewat sini sebelum JLK benar-benar layak pakai,” tandas Witanto.

Berita Terkait :