Peristiwa
Senin, 09 Januari 2017 - 16:53:24 | irfan-rully / Sorot Wonogiri

Pekerja Tewas Tertimbun Besi di JJLS, Ini Dia Identitasnya
Pekerja Tewas Tertimbun Besi di JJLS, Ini Dia IdentitasnyaPekerja Tewas Tertimbun Besi di JJLS, Ini Dia IdentitasnyaKondisi korban saat tertimbun rangkaian besi (Foto by Irfan Rully)

Pracimantoro,(sorotwonogiri.com)--Garis hidup Podo (58) warga Dusun Balong Rt 01/03 Desa Kunduran, Kabupaten Blora, Jawa Tengah berakhir tragis di Dusun Jenar, Desa Pracimantoro, Kecamatan Pracimantoro Senin (09/01/2017) siang. Ia tewas tertimbun besi saat sedang bekerja di proyek pembangunan Jalan Jalur Lintas Selatan.

Ironisnya, perjuangan hidup Podo sendiri cukup berat. Selama beberapa waktu ia harus menahan sakit lantaran upaya evakuasi berlangsung cukup lama mengingat beratnya rangkaian besi yang menimbunnya.

Kapolsek Pracimantoro, AKP Darmanto mengatakan untuk mengevakuasi korban memang membutuhkan waktu yang lama mengingat korban terjepit diantara anyaman ram besi felkep. Saat kejadian, Podo sedang membersihkan sisa-sisa besi bendrat di dalam kolom felkep/bronjong sebelum akhirnya runtuh dan menimpanya. Berat besi yang mencapai 10 ton tersebutlah yang menyulitkan proses evakuasi. Meski sempat mengerahkan alat berat, proses evakuasi tetap berlangsung lama.

"Tadi membutuhkan sekitar satu setengah jam untuk mengeluarkan korban dari jepitan tersebut karena harus mengelas beberapa besi," ungkap Kapolsek, Senin siang.

Ditambahkannya, korban tewas di tempat akibat luka parah di bagian leher setelah tertimpa besi. Berdasarkan penyelidikan yang dilakukan kepolisian, Podo tewas murni karena kecelakaan kerja karena tidak ditemukan tanda-tanda penganiayaan di tubuh korban. Jenazah korban sendiri saat ini telah dievakuasi ke RSUD Soediran Mangun Sumarso, Wonogiri.

"Untuk lukanya di bagian leher, istilah orang jawa cengelnya yang tertimpa besi," lanjut dia.

Sebagaimana diberitakan sebelumya korban pekerja proyek Jalan Jalur Lintas Selatan tersebut tewas setelah tertimpa besi saat melakukan pekerjaan bersama 7 temannya didalam flekep tersebut. Nass saat besi roboh korban tidak sempat menyelamatkan diri sehingga terjepit di anyaman besi tersebut.

 

Berita Terkait :