Pemerintahan
Selasa, 10 Januari 2017 - 12:23:30 | irfan-rully / Sorot Wonogiri

Dana Triliunan dari Investor Masuk ke Wonogiri
Dana Triliunan dari Investor Masuk ke Wonogiri
ilustrasi by net

Wonogiri,(sorotwonogiri.com)--Investasi Kabupaten Wonogiri pada tahun 2016 lalu bisa dibilang cukup fantastis. Tercatat dalam satu tahun investasi masuk sudah mencapai angka triliun rupiah.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Eko Subagyo mengatakan, pada tahun 2016 target yang dipatok hanyalah 600 Milyar. Namun pada kenyataanya angka investasi di Wonogiri mencapai Rp 1 Triliun. Angka tersebut sangatlah tinggi mengingat Wonogiri merupakan kota kecil.

"Kalau sampai tahun 2017 kita belum mencatat itu baru yang tahun lalu," ungkapnya Selasa (10/01/2017).

Ditambahkanya, tingginya investasi tersebut dikarenakan memang banyak investor yang melirik beberapa wilayah di Kabupaten Wonogiri sebagai tempat investasi. Dari data yang ada saat ini sudah berdiri 10 pabrik besar tersebar diseluruh kecamatan.

“Dari sekian investor yang masuk, paling banyak di bidang UMKM. Sedangkan untuk lebih banyak berperan yaitu dibidang Industri karena untuk UMKM hanyalah barang jasa dan penyetor investasinya pun tidak begitu besar. Kalau UMKM kan Investasinya hanya kisaran 50 juta sampai 500 juta," lanjut dia.

Eko menambahkan, selain disektor usaha, wisata Wonogiri juga sudah banyak menjadi incaran para investor. Namun adanya permasalahan di bidang kepemilikan lahan membuat pemerintah kesulitan untuk membuka lahan bagi para investor.

“Asetnya lebih banyak milik perhutani bukan milik pemerintah kabupaten, sehingga sulit untuk mengembangkan. Pemerintah hanya memiliki obyek wisata Sendang dan Museum Karst. Sedangkan untuk wilayah Pantai juga mengalami kendala yaitu tanah yang belum menjadi tanah batik keris, ambil alihnya masih belum selesai,” pungkas dia.

 

Berita Terkait :