Pemerintahan
Rabu, 11 Januari 2017 - 12:53:58 | irfan-rully / Sorot Wonogiri

Banyak Investor Masuk, Wonogiri Kekurangan Tenaga Kerja
Banyak Investor Masuk, Wonogiri Kekurangan Tenaga Kerja
ilustrasi by google

Wonogiri,(sorotwonogiri.com)--Minat investor untuk masuk dan menanamkan modalnya di Kabupaten Wonogiri terpantau sangat tinggi. Terbukti dengan semakin tingginya investasi yang masuk dari tahun ke tahun. Pada tahun 2016 lalu bahkan nilai investasi ke Kabupaten Wonogiri menyentuh angka 1 triliun.

Namun yang agak aneh terjadi, tingginya investasi tersebut justru diikuti dengan kekurangan tenaga kerja. Hingga saat ini, sejumlah pabrik-pabrik besar masih kekurangan tenaga kerja.

“Sampai saat ini memang masih dibutuhkan sekitar 25.000 tenaga kerja yang ada untuk ditempatkan di 10 pabrik besar yang sudah berdiri,” ujar Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Eko Subagyo, Rabu (11/01/2017).

Ditambahkannya, permasalahan tenaga kerja tersebut memang sudah terjadi selama beberapa tahun terakhir. Selaim kekurangan tenaga kerja, faktor masih minimnya jumlah bahan bku yang ada di Wonogiri menjdi salah satu penghambat lainnya.

”Pabrik kayu lapis yang mengimpor barang sampai dengan Nusa Tenggara. Adanya permasalahan hal tersebut memang membuat beberapa investor yang ingin membuka di Wonogiri berfikir dua kali,” imbuh dia.

"Sebenarnya sudah ada 2 lagi yang akan masuk tetapi ya masih faktor tenaga kerja itu tadi," lanjutnya.

Eko menambahkan, hal tersebut juga nampak lucu mengingat jumah pengangguran yang tercatat di Dinas Tenaga Kerja yang masih mencapai 17.000. Pihaknya menyatakan bahwa jumlah pengangguran tersebut tidak semuanya berada di Wonogiri karena para warga Wonogiri mencatatkan diri sebagai pengangguran namun orangnya berada diluar daerah, hal itulah yang menjadi perselisihan.

"Kenyataan dilapangan memang kurang tenaga kerja sebagai contoh PT Libra di Selogiri mereka membutuhkan tenaga 7000 tetapi kenyataan yang masuk hanya 2000-3000," tegas dia.

 

Berita Terkait :


HOT NEWS