Ekonomi
Kamis, 12 Januari 2017 - 01:36:21 | irfan-rully / Sorot Wonogiri

Kesadaran Bayar Pajak Warga Wonogiri Masih Sangat Rendah
Kesadaran Bayar Pajak Warga Wonogiri Masih Sangat Rendah
ilustrasi by google

Wonogiri,(sorotwonogiri.com)--Pajak merupakan salah satu sumber pendapatan negara yang nantinya bisa digunakan untuk membiayai pembangunan. Namun di balik krusialnya pajak tersebut bagi pembiayaan pembangunan, tersimpan fakta miris mengenai kurangnya kesadaran masyarakat dalam membayar pajak.

Kepala Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Kabupaten Wonogiri, Ganung Hanawa mengatakan, di Kabupaten Wonogiri, tingkat kepatuhan para wajib pajak bisa dikatakan sangat minim, jika tak mau dibilang sangat kurang. Meski terjadi trend peningkatan, namun jumlahnya terpantau tak terlalu signifikan.

"Naik sih iya tetapi ya masih kisaran 20 - 25 %, msih tergolong cukup rendah," ungkapnya Rabu (11/01/2017) petang.

Ditambahkannya, salah satu faktor yang menyebabkan masih minimnya pemenuhan potensi penerimaan pajak di Wonogiri adalah masih kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai pentingnya pajak. Yang paling disadari oleh wajib pajak adalah mereka hanya mengetahui bahwa Nomor Pokok Wajib Pajak NPWP) itu hanya penting sebagai syarat saat akan mengajukan kredit ke bank. Entah sengaja atau tidak, kesadaran meminta NPWP tersebut tidak diikuti dengan kesadaran melakukan pembayaran pajak.

"Sebenarnya sudah sering kita berikan sosialisasi bahwa jika memiliki NPWP harus patuh terhadap pajak, namun kenyataan dilapangan sangat minim kepatuhannya," lanjutnya.

Sementara itu ditanya terkait dengan jumlah penerimaan pajak pada tahun 2016 pihaknya tidak bisa memberikan keterangan pasti karena semuanya masih berada di KPP Pratama Sukoharjo yang merupakan induk dari KP2KP Wonogiri.

"Mengenai jumlah penerimaan saya tidak bisa berstatement dulu," pungkasnya.‎

 

Berita Terkait :


HOT NEWS