Pemerintahan
Kamis, 12 Januari 2017 - 15:54:54 | irfan-rully / Sorot Wonogiri

Kartu Tani Dilaunching, Petani Masih Bingung
Kartu Tani Dilaunching, Petani Masih BingungKartu Tani Dilaunching, Petani Masih BingungBupati saat melaunching kartu tani (Foto by Irfan Rully)

Wonogiri,(sorotwonogiri.com)--Satu lagi program bantuan yang berbentuk kartu diluncurkan oleh pemerintah. Bupati Wonogiri, Joko Sutopo secara resmi melaunching Kartu Tani, Kamis (12/01/2017) siang. Diproyeksikan, kartu tani ini nantinya akan membantu para petani dalam memenuhi kebutuhannya.

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo mengatakan, kartu tani merupakan sebuah terobosan terbaru untuk para petani sebagai upaya mengontrol dan mendistribusikan kebutuhan para petani. Kartu tani ini disebut Joko merupakan bentuk perwujudan bahwa pemerintah hadir dan membela petani.

"Saya melihat para petani ini bingung, dan bertanya-tanya untuk apa kartu ini apakah tinggal gesek terus metu pupuk e," ungkapnya sembari tertawa saat menyampaikan sambutan dalam acara launching.

Ditambahkannya, faktor inilah yang kemudian mendasari Bupati memerintahkan kepada jajarannya untuk mengintensifkan upaya sosialisasi kepada para petani.

Kartu tani menurut Bupati ini bukan berarti kartu sakti melainkan masyarakat juga harus menabung di kartu tani ini untuk bisa menggunakannya.

"Yang paling berat aspek teknisnya yaitu merubah budaya masyarakat yang biasa habis panen dibelikan hewan ternak namun disini diminta untuk ditabung," lanjut dia.

Sementara itu kepala pimpinan cabang bank yang merupakan rekanan kartu tani, Fx Suranta mengatakan untuk Kabupaten Wonogiri jumlah petani yang sudah terentri di pemerintah pusat sebanyak 151.391 petani. Dari jumlah ini, yang sudah dicetakkan kartu tani berjumlah 101.841 orang dan sebanyak 36.910 kartu sudah didistibusikan. Dalam kartu yang berbentuk seperti ATM (Anjungan Tunai Mandiri) tersebut juga tersedia daftar harga pupuk serta kuota pupuk masing-masing petani. 

"Yang jelas sebelum bulan April nanti semua kartu akan kita distribusikan," tegasnya.

 

Berita Terkait :


HOT NEWS