Pemerintahan
Kamis, 12 Januari 2017 - 17:21:29 | irfan-rully / Sorot Wonogiri

Dana Seret, Pembangunan Proyek Jalan Lingkar Kota Berjalan Lambat
Dana Seret, Pembangunan Proyek Jalan Lingkar Kota Berjalan LambatDana Seret, Pembangunan Proyek Jalan Lingkar Kota Berjalan LambatProses pembangunan JLK yang sedang dilakukan (Foto by Irfan Rully)

Wonogiri,(sorotwonogiri.com)--Faktor pendanaan lagi-lagi menjadi masalah klasik penggarapan proyek di Kabupaten Wonogiri. Seretnya pencairan dana dituding menjadi penyebab lamanya penyelesaian proyek.

Seperti pada proyek prestisius pembangunan jalur lingkar kota (JLK) yang berada di Kecamatan Selogiri. Diperkirakan, proyek ini tidak akan rampung pada 5 tahun ke depan.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Wonogiri, Prihadi Ariyanto mengatakan, nantinya jalan tersebut akan menjadi jalur alternatif di kawasan Wonogiri Selatan menuju Kecamatan Selogiri.

"Untuk proses pembangunan JLK ini akan terus berkelanjutan setiap tahunnya. Diperkirakan baru 5 tahun ke depan bisa diselesaikan," ungkapnya, Kamis (12/01/2017) siang.

Ditambahkannya, yang menjadi kendala saat ini adalah kucuran dana yang tidak stabil sehingga eksekusi proyek jalan tersebut hanya bisa dilakukan per bagian. Diperkirakan,  pembuatan jalan alternatif sepanjang kurang lebih 15 kilometer tersebut membutuhkan dana hingga puluhan miliar rupiah.

Prihadi menambahkan, akibat seretnya kucuran dana itu, proses pembangunan JLK masih berjalan lambat.

"Ya kalau dananya langsung blek 50 milyar atau lebih banyak lagi kan lebih cepat pekerjaannya," lanjut dia.

Pihaknya juga mengakui pembangunan jalan tersebut tidak mudah karena kontraktor harus menyulap lahan pertanian menjadi jalan raya dan memang butuh banyak hal untuk membentuk badan jalan tersebut.

 

Berita Terkait :


HOT NEWS